Mengenal Teknik Pembuatan Patung Dari Pahat Hingga Cetak

ada beragam jenis karya seni rupa tiga dimensi, salah satunya merupakan seni patung. Karya seni ini diklaim tiga dimensi sebab ukuran lebar, panjang, dan tingginya bisa dinikmati asal segala arah.

Mengutip buku Pendidikan Seni Rupa SMP 1 yang ditulis sang Dedi Nurhadiat (2005), seni patung bisa dirancang memakai bahan lunak ad interim seperti tanah liat, bubur kertas, serta campuran tapioka.

Mengenal Teknik Pembuatan Patung Dari Pahat Hingga Cetak

Karya seni ini jua mampu dirancang dengan bahan lunak permanen mirip sabun balok dan lilin mainan. Bahan lunak sementara bisa mengering serta sebagai benda keras, sedangkan bahan lunak tetap tak mampu berubah menjadi bahan keras.

Apa Itu Seni Patung?

Seni patung ialah karya seni trimatra yg bisa diraba dengan tangan keberadaannya. ad interim itu definisi patung menurut KBBI artinya tiruan bentuk orang, binatang, yg dibuat menggunakan pahatan slot online dan sebagainya.

Seni patung mampu dibedakan menjadi beberapa bentuk, pada antaranya:

  • Naturalis: Bentuk yg ialah peniruan dari alam, di mana wujud gambarannya hampir menyerupai apa yg ditirunya.
  • Figuratif: Bentuk patung yg artinya intisari berasal alam, terdapat yg disederhanakan (deformasi) serta diperumit (stylir).
  • Abstraksi: Terdiri dari abstrak murni, geometris, non geometris, abstrak simbolis, serta abstrak filosofis.

mirip seni lukis, seni patung jua memiliki peredaran tersendiri, antara lain ialah :

  • Simbolisme: Bentuk patung yang bermakna perlambangan.
  • Robot Art: Bentuk patung yang divisualisasikan secara kaku dan statis.
  • Kontruktivisme: ilustrasi patung menggunakan bentuk geometris.
  • Mobile Sculpture Art: Patung yg bisa digerakkan atau beranjak.

Teknik Pembuatan Patung

Teknik pembuatan patung terbagi menjadi beberapa jenis. Teknik ini umumnya diubahsuaikan dengan bahan yang hendak digunakan. Berikut teknik pembuatan patung yg dikutip berasal Mengutip kitab Seni Budaya dua SMP goresan pena Yoyok RM serta Siswandi (2008):

1. Teknik Pahat

Teknik pahat merupakan teknik pembuatan patung dengan mengurangi bahan yang dipahat, dibor, atau dipotong. Teknik ini dipergunakan buat bahan keras mirip batu dan kayu. model: Patung candi serta patung suku asmat.

2. Teknik Cetak atau Cor

Teknik cetak dilakukan dengan mencairkan bahan padat serta membentuknya memakai alat cetakan. Selanjutnya, bahan tersebut dikeringkan hingga padat kembali. contoh: Patung dari logam.

3. Teknik Membutsir

Teknik membutsir merupakan teknik pembuatan patung menggunakan membentuk pribadi menggunakan tangan. dalam teknik ini, bahan akan ditambah serta dikurangi. contoh: Patung dari tanah liat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.